06 Juni 2009

Memilih Search Engine untuk Mencari Informasi di Web

( Letkol Czi Budiman S. Pratomo )

Pendahuluan

Dalam era informasi seperti saat ini, untuk mendapatkan informasi dari suatu artikel, file, maupun database di internet (web) secara cepat dan akurat dapat dilakukan dengan memanfaatkan mesin pencari (search engine). Dengan hanya menuliskan topik apa yang hendak kita ketahui search engine akan menampilkan semua link yang berhubungan dengan hal tersebut. Ada banyak pilihan search engine yang bisa dimanfaatkan dan masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri. Namun pada prinsipnya semua search engine mempunyai fungsi yang sama yaitu mencari dan menganalisis semua halaman Web, kemudian membuat indeks kata bersama dengan daftar URL (Universal Resource Locator) yang merupakan halaman atau tempat dimana "kata kunci" yang dicari dapat ditemukan. Artikel ini merupakan artikel tulis ulang dari artikel lama mengenai search engine GuruNet dan Teoma yang pada tahun 2000 an merupakan search engine yang menurut pengalaman penulis mudah digunakan dalam rangka mencari informasi sesuai dengan topik yang kita inginkan.

Search Engine dan Pencarian Informasi

Ada search engine yang sangat populer dan sering dipakai orang yaitu Google. Yahoo! tidak termasuk disini karena Yahoo! lebih merupakan index yang merupakan kumpulan data base mengenai berbagai hal dalam web, sedangkan search engine adalah sebuah sistem yang akan mencari setiap informasi di web dengan menggunakan sebuah program yang disebut robot, bot, daemon, dan sejenisnya. Berikut ini beberapa contoh search engine dan direktori untuk memudahkan pencarian informasi yang penulis ambilkan dari salah satu situs internet.

http://searchenginewatch.com/2156221; http://www.google.com; http://www.yahoo.com; http://www.ask.com; http://www.alltheweb.com; http://aolsearch.aol.com, http://search.aol.com/; http://www.hotbot.com; http://www.altavista.com; http://www.gigablast.com; http://www.live.com/; http://www.looksmart.com; http://www.lycos.com; http://search.netscape.com; http://dmoz.org/; http://www.answers.com/.

Answers.com (a.k.a Gurunet clip_image002 ), Ask.com (a.k.a Teoma clip_image004)

Dengan menggunakan Google kita tinggal mengetik suatu topik yang diinginkan dan selanjutnya akan muncul alamat-alamat yang tinggal diklik dan dipilih sesuai yang kita cari. Namun kadang kala tetap saja tidak praktis, bahkan yang disajikan Google pun kadang kadang tidak sesuai dengan yang dimaui. Untuk mengatasi hal itu, ada peranti lunak yang pada saat itu lebih dari sekadar mesin pencari Google. Peranti lunak itu adalah GuruNet buatan Atomica dan Teoma.

a. Gurunet.

GuruNet bisa di-dowload dengan mudah dari alamat www.gurunet.com. Cara menggunakannya pun mudah, tinggal ketikan topik atau dengan menekan Alt dan klik mouse pada kata tertentu di layar maka GuruNet akan memberi kita sederet direktori. GuruNet mengambil referensi dari beberapa sumber seperti Columbia Encyclopedia, the American Heritage Dictionary dan Roget Thesaurus. Namun pada saat ini kalau kita klik link www.gurunet.com langsung di arahkan ke http://www.answers.com/, yang tampilannya seperti berikut ini

clip_image006

Bila kita mengetik suatu istilah teknis atau akronim, misalnya url maka GuruNet akan memberikan saran apa yang akan kita pilih.

clip_image008

Dan ketika kita memilih salah satu topik yang diberikan maka akan ditampilkan definisi mengenai url, bagaimana mengucapkannya, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pengertian itu mulai dari Wikipedia, Britanica Ensiklopedia dan lain-lain bahkan sampai apa terjemahan istilah itu dalam bahasa lainpun ditampilkan. Disamping itu juga menampilkan jawaban yang berkaitan dengannya dalam Related Answers. Apabila kita mencoba mengetikkan kata ”Army” maka akan ada penjelasan panjang lebar mengenai Army mulai dari definisinya, pengucapannya, apa artinya dalam bahasa asing, sejarahnya dan lain-lain. Bahkan kalau kita tidak mengerti kata tertentu dalam penjelasannya, misalnya tentang kata ”Garrison” maka cukup klik duakali pada kata tersebut dan akan muncul penjelasannya.

clip_image010

b. Teoma.

Search engine yang kedua adalah Teoma.com, yang ternyata ketika di klik link ini sekarang sudah menampilkan http://www.ask.com/, yang tampilannya seperti berikut:

clip_image012

Apabila dipojok kiri ada keterangan Peel me dan kita kupas maka akan memberikan pilihan ”skin” yang berbeda-beda seperti berikut ini (tergantung skin apa yang kita pilih):

clip_image014

Dahulu ketika masih bernama Teoma (www.teoma.com) menggunakan pendekatan baru untuk pencarian informasi yang dikenal sebagai Subject-Specific PopularitySM. Yang mendasarkan berdasarkan analisis mengenai situs mana yang paling relevan untuk menyajikan hasil yang lebih tepat. Ketika sudah menjadi Ask.com maka kemampuan yang dimiliki pun merupakan gabungan dari search engine Teoma dan Ask Jeeves, yang tentunya menjadi lebih bagus lagi.

clip_image016

c. Google.

Apabila kita berbicara search engine pada tahun 2009 ini maka menggunakan Google pun sudah sangat ”ampuh”, sekarang ini sudah ada kemampuan ”luar biasa” yang di tahun 90an tidak dimilikinya.

clip_image018

Saat ini fitur yang dimilikinya antara lain Web Gambar Grup Buku Blog Terjemahan Gmail. Dengan fitur ini kita sudah dapat mencari informasi, mencari orang, membuat blog, mencari gambar, membuat email, bahkan menterjemahkan halaman web dengan mudah. Sebelum tahun 2000 penterjemah ini baru dimiliki oleh sebagian kecil search engine seperti http://www.altavista.com/ dengan Babel Fish Translation clip_image019.

clip_image021

clip_image023

Untuk penerjemah Bahasa Indonesia, pada waktu yang lalu belum ada yang menyediakan penterjemah ini. Menurut pengalaman penulis yang cukup bagus dimiliki oleh http://www.faganfinder.com/, namun setelah Google mempunyai terjemahan Bahasa Indonesia, faganfinder.com tidak bisa digunakan lagi.

clip_image025

clip_image027

Dari translation Wizardnya kita tinggal memasukkan url atau teks yang ingin diterjemahkan, maka dengan segera halaman web atau teks tersebut akan diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Apabila menggunakan Google untuk menerjemahkan web, caranya juga sangat mudah tinggal masuk ke http://translate.google.co.id/ dan tinggal memasukkan url yang akan diterjemahkan, dan dengan segera akan diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia ketika seleseai menekan tombol Terjemahkan.

clip_image029

Untuk memanfaatkan Google dengan lebih baik sudah penulis buat dalam artikel tersendiri tentang bagaimana mencari informasi yang relevan dengan menggunakan Google dan apa saja kemampuannya.

Demikianlah uraian mengenai beberapa search engine yang menurut pengalaman penulis cukup memudahkan dalam pencarian informasi dengan relatif cepat dan hasilnya bisa sesuai dengan yang kita harapkan.

Semoga Bermanfaat

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Artikel nya menarik... saya ijin copy untuk mengumpulkan artikel militer. Tips memilih search engine

    Trimakasih

    BalasHapus

Tuliskan pertanyaan anda disini.