19 Januari 2010

Mekanisme Pengerjaan Lembar Tugas Materi Pengantar Filsafat

     Para pasis Dikreg 48 Seskoad, saya akan sampaikan beberapa hal berkaitan dengan pengerjaan lembar tugas Pengantar Filsafat, sebagai berikut:

  1. Penilaian atas produk pasis dibagi 2, yaitu: produk tertulis dengan nilai maksimal 60 (Enam Puluh) dan interaksi akademis dengan nilai maksimal 40 (Empat Puluh). Dengan demikian nilai tertinggi yang dapat diraih setiap pasis adalah 100 (Seratus).
  2. Interaksi akademis dilakukan melalui ruang “Seskoad Korespondensi” di http://www.facebook.com. Untuk mengikuti interaksi akademis di ruang ini, pertama-tama pasis harus memiliki account facebook. Setelah itu kirim undangan (invite) kepada heimas1123@gmail.com dengan pesan : Pasis (Nama)/Nosis-Sindikat, contoh: Pasis Deni Rejeki/48007-15. Selanjutnya saya sebagai admin akan mengirimkan undangan kepada pasis agar bisa memasuki ruang interaksi akademis yang berlogo seperti gambar dibawah ini. Logo Seskoad Korespondensi
    Atau agar lebih mudah, pasis buat account facebook (bagi yang belum punya) selanjutnya add saya (Heri Marjaga Siagian) sambil mengirim pesan berupa nama dan nosis. Selanjutnya pasis dapat memberikan pendapat atas persoalan yang dilemparkan oleh admin sesuai dengan lembar tugas. Ruang ini bersifat rahasia, hanya yang diundang oleh admin yang dapat masuk, melihat dan memberikan tanggapan. Oleh karenanya pasis harus terlebih dahulu mengundang admin melalui account facebook yang pasis miliki, agar admin bisa mengundang balik untuk memasuki ruang interaksi akademis ini.
  3. Interaksi akademis dilaksanakan dengan memberikan pendapat/tanggapan terhadap setiap persoalan yang ditanyakan, pasis diwajibkan untuk memberikan sekurang-kurangnya 3 pendapat/tanggapan, sbb:
    • Pendapat/tanggapan terhadap persoalan, dengan terlebih dahulu menulis dibagian atas  sbb: Pendapat Pasis Deni Rejeki / 48007-15   Bla . . bla . . bla . . bla . . bla . . bla.
    • Pendapat/tanggapan mendukung terhadap pendapat salah seorang pasis dengan terlebih dulu menulis dibagian atas sbb: Pendapat/tanggapan mendukung Pasis Deni Rejeki / 48007-15 atas pendapat/tanggapan Pasis Ruby Hutajulu / 48100-05  Bla . . bla . . bla . . bla . . bla . . bla . . bla.
    • Pendapat/tanggapan menolak terhadap pendapat salah seorang pasis dengan terlebih dahulu menulis dibagian atas sbb: Pendapat/tanggapan menolak Pasis Ruby Hutajulu / 48100-05 atas pendapat/tanggapan Pasis Efrizon / 48050-10  Bla . . bla . . bla . . bla . . bla . . bla . . bla . . bla . . bla . . bla . . bla.
    • Pasis dapat memberikan lebih dari 1 untuk tanggapan mendukung maupun tanggapan menolak, serta akan mendapat kredit point nilai.
  4. Setiap pendapat/tanggapan dalam interaksi akademis memuat minimal 100 dan maksimal 150 kata, dengan disertai dengan argumen yang berdasar (referensi, fakta, contoh, dlsb) untuk menguatkan pendapat/tanggapan yang pasis berikan. Pendapat/tanggapan yang berkembang dalam interaksi akademis selanjutnya menjadi rujukan setiap siswa dalam mengerjakan produk tertulis. Melalui interaksi akademis ini, Prof. Juhaya S. Praja selaku pengampu materi akan dapat melihat sejauh mana pemahaman dan kedalaman pasis berkaitan dengan materi Pengantar Filsafat, dan diharapkan Prof Juhaya dapat menyampaikan ulasan akademis pada saat beliau menyampaikan materi Teori Nilai pada tahap II (in campus). Adapun beberapa ketentuan dan penilaian interaksi akademis sbb:
    • Untuk memudahkan pemberian tanggapan, pasis diharapkan sudah mengundang admin melalui account facebook secepatnya. Tanggapan awal terhadap setiap persoalan diharapkan sudah selesai pada akhir Januari 2010, sehingga pasis tidak saling menunggu untuk memberikan tanggapan lanjutan baik yang bersifat mendukung maupun menolak.
    • Pendapat/tanggapan < dari 100 kata mendapat nilai 0,5.
    • Pendapat/tanggapan 100-150 kata mendapat nilai 1,5.
    • Memberikan argumen tanpa didukung rujukan/dasar yang memadai  mendapat tambahan nilai 0,5.
    • Memberikan argumen dengan didukung  rujukan/dasar yang memadai mendapat tambahan nilai 1,5.
    • Memberikan pendapat/tanggapan tambahan akan mendapat tambahan nilai 0,5 untuk setiap pendapat/tanggapan (mendukung/menolak).
    • Nilai maksimal untuk setiap persoalan adalah 10, untuk 4 persoalan nilai maksimal 40.
  5. Produk tertulis dibuat dalam bentuk bebas dengan jumlah kata 300 s/d 400 kata untuk setiap persoalan. Dalam menjawab setiap persoalan, pasis diwajibkan untuk mencantumkan sekurangnya 1 referensi buku/jurnal dan 1 referensi internet. Esensi yang ingin dinilai dalam produk tertulis adalah bagaimana pasis menjelaskan/menyampaikan pendapat/tanggapan dengan argumentasi yang berdasar dan dapat dipertanggung-jawabkan secara akademis serta fokus pada persoalan yang ditanyakan. Adapun beberapa ketentuan dan penilaian produk tertulis adalah sbb:
    • Produk tertulis dibuat dalam bentuk hardcopy yang dikumpulkan sesuai waktu yang ditentukan dalam lembar penugasan, dan dalam bentuk softcopy yang dikirimkan selambat-lambatnya sesuai dengan tanggal yang ditentukan dalam lembar tugas ke alamat: depjuang.seskoad@yahoo.co.id cc seskoad2seskoad@gmail.com.
    • Penulisan referensi sesuai dengan ketentuan dalam pembuatan Taskap.
    • Setiap persoalan mendapat nilai maksimal 15, untuk 4 persoalan mendapat nilai maksimal 60.
    • Jawaban persoalan < 300 kata akan mendapat nilai 2.
    • Jawaban persoalan 300 – 400 kata akan mendapat nilai 5.
    • Menyertakan referensi buku/jurnal akan mendapat tambahan nilai 2,5. Menyertakan referensi buku/jurnal lebih dari 1 akan mendapat tambahan nilai 0,5 untuk setiap buku/jurnal.
    • Menyertakan referensi internet akan mendapat tambahan 1. Menyertakan referensi internet lebih dari 1 akan mendapat tambahan nilai 0,25 setiap referensi (alamat sumber harus jelas dan dapat diakses)
    • Memberikan argumen tanpa didukung rujukan/dasar yang memadai akan mendapat tambahan nilai 1.
    • Memberikan argumen dengan didukung rujukan/dasar yang memadai akan mendapat tambahan nilai 4.

    Demikian informasi tentang pengerjaan lembar tugas Pengantar Filsafat, apabila ada hal-hal yang kurang jelas agar menanyakan melalui kolom komentar dalam blog ini. Selamat bekerja.

17 komentar:

  1. Ijin komentar bang,

    Saya salut dengan upaya yang abang buat melalui blog ini, sehingga pasis mendapatkan penjelasan yang lengkap, jelas dan utuh tentang apa yang harus dikerjakan. Parameter penilaian juga telah dibuat secara fair dan logis, tidak berlebihan.

    Saya menyarankan agar metode seperti ini juga disosialisasikan kepada dosen yang lain sehingga kualitas pendidikan seskoad akan semakin baik.

    Saya sepintas melihat lembar penugasan yang diberikan kepada pasis koresponden ini, masih ada yang cenderung mengedepankan "kuantitas" dibanding "kualitas". Contoh:
    - Menulis sinopsis dan timbangan buku dibatasi jumlah halaman minimal 10. Menurut saya ini berlebihan, karena saya sendiri tidak pernah menjumpai sinopsis atau timbangan buku atau resensi buku atau apapun istilahnya yang terlalu berpanjang lebar, karena sifatnya hanya "selayang pandang isi buku", hanya mungkin ditambah sedikit analisa/pendapat pasis pada timbangan buku.
    - Contoh essay yang diberikan oleh dosen pengajar sebagai acuan pasis terlihat hanya "menghilangkan angka dan huruf pada pasal/sub pasal karmil saja". Esensi dari essay itu sendiri jadi kabur.

    Itu hanya beberapa contoh saja yang sempat saya lihat. Mohon hal-hal seperti ini diperbaiki secara menyeluruh sehingga pendidikan seskoad yang tahun ini pun udah akan mendapatkan gelar sarjana, tidak terkesan asal-asalan. Munculkan sifat akademisnya dengan cara yang akademis pula.

    Demikian sekedar saran aja bang. Mohon maaf kalo saya terlalu bawel....

    BalasHapus
  2. Suatu proses memang membutuhkan kesabaran. Saya peribadi hanya bisa mentriger para dosen semampu saya, dan saya lihat sudah ada perkembangan yang positip sekalipun masih jauh dari harapan.
    Sekarang Kasad menaikkan standar nilai kelulusan Pasis menjadi 80, artinya kalau kurang dari 80 tidak lulus. Yang diinginkan pimpinan adalah meningkatkan kualitas pasis sehingga mampu mencapai standar yang diinginkan. Ibarat lari semapta 2400 meter nilainya 61, standarnya dinaikkan menjadi 70. Artinya bukan lari 2400 meter nilainya menjadi 70, tetapi berapa jauh yang harus ditempuh untuk mencapai 70, tentunya lebih dari 2400 meter, misalkan menjadi 2600 meter.
    Dosen akan kesulitan apabila tidak bisa menentukan parameter kuantitatif atas setiap materi yang diajarkan, dan pada akhirnya kembali kepada penilaian subyektif seperti yang berlangsung selama ini.
    Apa yang saya lakukan adalah merangsang siswa untuk meningkatkan kualitas pribadi dengan memberikan secara terbuka apa yang harus dilakukan untuk mencapai kualitas akademis yang maksimal. Pasis juga dapat mengukur kemampuan akademis rekan-rekannya, karena mereka saya wajibkan untuk melakukan interaksi akademis dalam ruang interaksi. Sehingga pasis dapat komplain kepada saya apabila saya memberikan nilai tidak secara obyektif. Saya bersyukur Danseskoad memberikan respon positif, sehingga beliau bersedia saya jadikan admin di ruang tersebut agar bisa melihat bagaimana pasis berinteraksi. Mudah-mudahan para dosen semakin meningkat kesadaran akan hal ini. Saya memang tidak memiliki kapasitas untuk memaksa, mudah-mudahan Danseskoad yang melakukannya.

    BalasHapus
  3. Two thumbs up Bang..!!

    Wright bersaudara sempat dianggap gila ketika menggagas "manusia terbang". Galileo juga dimusuhi para tokoh ortodoks ketika mengatakan bahwa bumi itu bulat. Tapi dengan komitmen yang kuat dan konsistensinya dalam mewujudkan "impian"nya, akhirnya mereka jadi pahlawan.

    Upaya perbaikan sistem pendidikan/pengajaran di seskoad ini memang sangat kecil dibandingkan mimpi-mimpi mereka, dan sebenarnya bukan merupakan hal baru seperti sebuah mimpi, tetapi tantangannya juga tidak ringan.

    Tetapi setidaknya kita berharap hal yang sangat kecil ini akan dapat membawa perubahan dan manfaat besar bagi seskoad dan TNI AD.

    So, stand on your commitment and keep your finger crossed

    BalasHapus
  4. Selamat pagi, Bang.

    Sungguh luar biasa langkah yg telah Abang tempuh.

    Mudah2-an pendidikan TNI AD yg lain jg sgr mengadopsi sistem ini agar tidak terkaget-kaget dgn Sistem Korespodensi di Seskoad kelak

    Sukses terus utk Abang! Semoga TUHAN selalu memberkahi karya Abang

    Sandy-97

    BalasHapus
  5. Heri Marjaga Siagian1 Februari 2010 pukul 20.54

    Idealnya sistem korespondensi menggunakan teknologi virtual (Dikreg Virtual). Pasis diberikan materi interaktif sama seperti ketika mendapat pelajaran di kelas, ada dosen dan ada slide hanya saja sudah dalam bentuk softcopy yang bisa dibuka kapan saja pasis mau. Hal-hal yang kurang jelas ataupun memerlukan pendalaman dari materi yang diberikan dapat dilakukan melalui ruang diskusi. Apabila metode virtual dapat diterapkan, maka korespondensi dapat dilakukan lebih lama lagi, bisa 6-7 bulan. 3 bulan sisanya melaksanakan in campus untuk materi-materi Geladi Peta, Model, Medan, Geladi Posko, Seminar, PKB Juang.
    Apabila ini dapat direalisir, Dikreg Seskoad dapat digelar 2 x setahun, sehingga akan lebih banyak lagi perwira yang dapat merasakan pendidikan Seskoad. Menurut saya ini bukan mimpi, mudah-mudahan dapat terwujud.

    BalasHapus
  6. Pasis yenoly no siswa 48055 dari sindikat V, ijin menanyakan, untuk pendapat masalah pengantar filsafat apakah sudah bisa di kirim, dan kapan ruang interaktif dibuka.

    BalasHapus
  7. Ruang interaksi akademis sudah dibuka sejak 20 Januari, hanya harus punya account facebook. Kalau tidak salah anda sudah aktif sebagai member dalam ruang Seskoad Korespondensi. Nanti buka facebook anda lalu cari groups dan cari seskoad korespondensi, atau gunakan "search" dengan mengetikkan "Seskoad Korespondensi".

    BalasHapus
  8. Ruang interaksi akademis sudah dibuka sejak 20 Januari lalu. Kalau tidak salah anda sudah tercatat sebagai member di ruang Seskoad Korespondensi. Masuk saja ke facebook, kemudian pada kolom "search" ketikkan Seskoad Korespondensi. Anda akan dibawa ke ruang Seskoad Korespondensi. Atau coba cek undangan dari admin untuk anda, lalu anda beri persetujuan untuk mengikuti. Selamat mencoba.

    BalasHapus
  9. Mat sore bang Pasis Sugiyono/48072-VI ijin bergabung, mohon maaf kami baru bergabung.

    BalasHapus
  10. pasis Tarunajaya nosis 48173-14 ijin bergabung ,maaf baru bergabung bang

    BalasHapus
  11. Pasis Franz Yohannes Purba Nosis 48050- Sindikat IV, Mohon ijin bergabung Bang..

    BalasHapus
  12. Pasis Muhammad Haidir Nosis 48127- sindikat X, mohon ijin bergabung

    BalasHapus
  13. Pasis Muhammad Haidir Nosis 48127/- X mohon maaf bang baru bergabung

    BalasHapus
  14. Pasis Ridwan Khoerul Anwar nosis 48023-II ijin bergabung, mohon bimbingan.

    BalasHapus
  15. Kami melihat adanya itikad baik dari Bapak untuk memberikan pencerahan untuk dijadikan pedoman bagi para pasis agar berbuat yang terbaik,namun kenyataan bahwa masih sedikit pasis yang dapat mengimbangi metode seperti ini, selanjutnya bagaimana langkah yang harus saya lalkukan untuk bisa mencapai standar nilai yang bapak tentukan tersebut, kami terusterang belum memahami benar,mohon kiranya bapak berkenan membimbing saya,tks salut dengan langkah ke arah perbaikan di lembaga ini yang bapak rintis.sukses untuk bapak.

    BalasHapus
  16. Coba dibaca juga dalam topik yang saya tulis diruang interaksi.

    BalasHapus

Tuliskan pertanyaan anda disini.